Kamis, 04 Oktober 2012

PENGERTIAN AKUNTANSI


Pengertian akuntansi dibagi menjadi 2 yaitu :
1. Pengertian menurut fungsi atau kegunaannya
             Dilihat dari sudut pandang fungsi atau kegunaanya akuntansi memiliki pengertian sebagai aktivitas jasa yang menyediakan informasi penting untuk penilaian jalannya perusahaan, sehingga memungkinkan  pimpimnan perusahaan (manajemen) atau pihak-pihak diluar perusahaan membuat pertimbangan-pertimbangan dan mengambil keputusan yang tepat.
2. Pengertian menurut prosesnya (kegiatannya)
             Akuntansi adalah suatu proses yang meliputi identifikasi (penentuan), pengukuran dan penyampaian informasi ekonomi.
Informasi yang diperoleh dari proses akuntansi adalah ringkasan data keuangan dari sebuah perusahaan dalam waktu atau periode tertentu. Oleh karena itu sasaran kegiatan akuntasi adalah transaksi perusahaan yang berkaitan dengan uang atau transaksi yang pengaruhnya dapat diukur dengan satuan uang.
             Dalam pelaksanaannya, transaksi keuangan perusahaan yang terjadi dalam suatu periode tertentu diproses melalui tahap-tahap kegiatan sebagai berikut :
  1. Pencatatan (recording)
  2. Penggolongan (classification)
  3. Pengikhtisaran (summarizing)
  4. Penyusunan laporan (reporting)

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dalam arti sempit akuntansi adalah suatu proses yang meliputi pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, dan pelaporan laporan transaksi keuangan suatu perusahaan dalam priode tertentu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar