Selasa, 30 Oktober 2012

PENGERTIAN DAN PENJELASAN AKUN-AKUN DALAM AKUNTANSI (PART II)


5. Akumulasi penyusutan aktiva (peralatan, kendaraan, gedung, dll)
Tiap-tiap aktiva tetap yang dimiliki perusahaan harus diadakan penyusutan yaitu pengurangan nilai harga pada barang tersebut “kira-kira kalau barang ini sekarang saya jual, dihargai berapa ya?”. Nah, besarnya penyusutan itu sendiri ditentukan oleh kebijakan perusahaan yang dapat dihitung dengan :
6. Hutang beban atau expense payable
Yaitu akun untuk mencatat beban yang jatuh tempo pada bulan ini (periode ini) namun masih akan dibayarkan pada bulan depan atau bulan-bulan berikutnya.
7. Prive atau deviden
Jumlah uang yang diambil oleh pemilik perusahaan (prive) atau yang dibayarkan pada para pemegang saham perusahaannya(deviden) dapat juga kita artikan sebagai gaji pemilik usaha, besarnya ditentukan sendiri oleh pemiliknya sendiri. Akun ini bersifat mengurangi laba/penambahan modal  perusahaan.
8. Retur penjualan dan retur pembelian
Kadang kala kita sering membeli barang namun tidak sesuai dengan yang kita inginkan, nah dalam perusahaan besar biasa barang-barang tersebut dapat dikembalikan dan inlah yang disebut dengan retur. Jika yang mengembalikan kita sebagai pembeli ini disebut RETUR PEMBELIAN, jika sebagai penjual dan pembeli kita mengembalikan barang yang dibelinya maka ini disebut RETUR PENJUALAN.
9. Harga pokok penjualan
Yaitu modal yang kita keluarkan untuk sebuah produk, misal harga jual suatu produk Rp 3.000 dan harga pokok penjualannya Rp 2.000 maka labanya Rp 1.000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar