Selasa, 30 Oktober 2012

PENGERTIAN DAN PENJELASAN AKUN-AKUN DALAM AKUNTANSI (PART I)


     Disini tidak semua akun akan saya jelaskan mengingat akun nya yang begitu banyak, namun anda jangan khawatir karena akun yang saya tidak jabarkan tersebut adalah akun yang sudah familiar ditelinga anda pastinya, berikut ada beberapa akun yang mungkin belum anda pahami, nah saya akan mencoba menjelaskanya semoga dapat diterima . tapi kalau belum jelas jangan marah yaa.. coba tanya di chat saya akan coba menjelaskan dengan bahasa yang g buat otak kita kusut :D
1. Perbedaan Cash in bank atau KAS dengan kas kecil
    Cash in bank adalah kas atau uang yang dimiliki perusahaan untuk operasi, biasanya kas ini digunakan uantuk transaksi yang bersifat besar sebagai contoh pembayaran hutang, pembeliaan secara tunai, alokasi penerimaan piutang dan lain-lain. Sedang petty cash sifatnya adalah untuk transaksi kecil seperti pembelian perlengkapan kantor bolpoin, cutter,dll dan petty cash ini disimpan dalam bentuk tunai.
2. Allowance for doubtfull debt atau cadangan kerugian piutang
    Akun ini istilahnya adalah akun jaga-jaga kalau sampai piutang tidak dapat ditagih.nakun ini dibuat agar perusahaan memiliki uang cadangan apabila ada piutang yang tidak dapat di tagih.
3. Perbedaan perlengkapan dan peralatan
    Perlengkapan adalah barang-barang pelengkap yang sifatnya sementara saja/cepat habis sedang peralatan adalah barang-barang yang dapat digunakan untuk kurung waktu yang relatif lama seperti computer, lemari, meja, kursi, dll. Serta peralatan perlu disusutkan harganya dan perlengkapan tidak perlu.
4. PPN dan TAX
    PPN atau pajak pertambahan nilai adalah pajak yang melekat dalam setiap barang dagangan baik yang dijual (PPN OUT COME) maupun yang dibeli (PPN INCOME). Sedang TAX adalah pajak badan yang dikenakan atas dasar pendapatan netto perusahaan.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar